Buku Kontroversi Infiradat Qira'ah Ibn 'Amir Asy-Syami dalam Perspektif Sintaksis Arab

Daftar Isi [Tampilkan]

  

Identitas Buku:

Penulis: Muhamad Al Farabi

Cetakan: Pertama, Februari 2021

ISBN: 978-623-96351-0-7

Jumlan: 370 halaman

Penerbit: Yayasan Nuansa Panji Insani

Harga buku: Rp.79.000.-

Kontak WA: 08977854425


Deskripsi Buku:

Qiraah Ibn ‘Âmir merupakan qiraah yang tak bisa dipisahkan dari dinamika sintaksis Arab. Secara das sollen, qiraah ini merupakan bagian dari qirâ´ât ‘asyr. Namun secara das sein, tidak sedikit pakar sintaksis Arab yang menyangsikan beberapa format bacaan yang diriwayatkannya. Di antara mereka ada yang melabelinya sebagai bacaan qabîh. Buku ini fokus menganalisis eksistensi qiraah Ibn ‘Âmir dalam perspektif sintaksis Arab.


Apresiasi Tokoh:

Buku ini merupakan buka langka dalam khazanah ilmu qira’at, mengingat pembahasannya telah menyentuh pada detail wajah al-qabih ilmu qira’at, dan hanya sekelompok kecil diantara para ahli qira’at yang mampu memberikan analisisnya melalui berbagai pendalaman yang selama ini telah mereka lakukan. 

Buku ini sekaligus menjadi buku pengayaan dalam tradisi ilmu qira’at Al-Qur’an, mengingat pembahasan yang dikemukakannya telah menyentuh celah-celah yang detail dari ilmu Qira’at Al-Qur’an. Dengan dua kekhasan tersebut di atas, maka buku ini menjadi menarik untuk didiskusikan bagi kalangan para ahli qira’at Al-Qur’an, sekaligus menjadi pembuka wacana baru bagi mereka yang masih awam.

Saya menyambut baik penerbitan buku ini dengan beberapa alas an berikut. Pertama, Penulisnya telah mendalami ilmu Qira’at sehingga telah mengetahui seluk beluk ilmu Qira’at, yang dibuktikan dengan pemilihan judul dan point-point penting di dalam bahasan yang berkaitan dengan tema dimaksud. Kedua, buku ini telah melalui bimbingan yang baik, kemudian dilanjutkan dengan pengujian secara akademis di Program Magister Pascasarjana Institut PTIQ Jakarta. 

Dengan demikian buku ini secara akademik layak untuk dipublikasikan baik untuk kalangan akademik maupun masyarakat umum karena telah melewati serangkaian proses akademik tersebut. Ketiga, penulis jeli dalam memilih judul, sehingga menjadi judul langka sekaligus mengandung kebaruan di dalamnya, yang kemudian diekplorasi dan dianalisis dengan baik, sehingga menghasilkan kesimpulan penelitian yang baik dan novelties.

Di luar semua itu, tentu tiada gading yang tak retak. Buku ini tentu belum sempurna, akan tetapi menyempurnakan yang telah ada, dan akan disempurnakan oleh peneliti berikutnya. Demikianlah tabiat dunia, sehingga kesimpulan apapun yang dihasilkan dalam sebuah penelitian, ia menjadi sumbangsih yang berharga bagi kemajuan di bidang ilmu tersebut, dengan tanpa mengingkari adanya kekurangan dan kesalahan.

Selamat membaca dan semoga mendapatkan pengetahuan baru yang mampu direfleksikan dalam tulisan, sehingga turut berkontribusi dalam kemajuan perkembangan ilmu pengetahuan.

Dr Muhammad Hariady, Dosen Pascasarjana Institut PTIQ Jakarta.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel