Doa Ketika Menahan Lapar

Daftar Isi [Tampilkan]

DREAM

Lapar merupakan suatu kondisi dimana perut kita sudah keroncongan, karena belum makan. Sehingga, konsentrasi menjadi buyar dan lama kelamaan akan menimbulkan penyakit. 

Saat sedang kelaparan, orang bisa melakukan apapun untuk bisa menghilangkan rasa laparnya, termasuk berbuat kejahatan atau mencuri. Rasulullah Saw juga mewanti-wanti pada umatnya supaya berhati-hati saat diuji dengan kelaparan. 

Rasulullah Saw juga mengajarkan kita sebuah doa khusus yang diriwayatkan oleh Ahmad bin Hambal, yaitu:

ُأَللّهُمَّ إِنِّي أَعُوْذُبٍكَ مِنَ الْجُوْعِ فَإِنَّهُ بِئْسَ الضَّجِيْعُ وَأَعُوْذُبِكَ مِنَ الْخِيَانَةِ فَإِنَّهَا بِئْسَتِ الْبِطَانَة

Allhumma ini audzubika minal ju’i fa innahu bi’sad dhaji’. Wa audzubika minal khiyanati fainnaha bi’satil bithanah.

Artinya:

“Ya Allah, aku berlindung kepadamu dari kelaparan, karena ia merusak lambung, dan aku berlindung kepadamu dari perbuatan khianat, karena ia merusak kepribadian".

Ketika sedang dalam kondisi kapar, terkadang juga berpangaruh pada pemikiran kita. Setelah kita merasakan lapar, sebaiknya kita segera makan untuk menghilangkan nya. Karena, selain berpengaruh pada pemikiran, pada ibadahpun juga ikut berpengaruh.

Namun, tidak selamanya kita memegang uang untuk bisa membeli makanan, ada kalanya kita tidak memegang uang sama sekali dan kita juga merasakan kelaparan. Maka, Rasullullah Saw menganjurkan umatnya untuk membaca doa diatas. 

Semoga doa tersebut bermanfaat. Amiin. 


Penulis: Fitri Siska Supriatna (Tim Redaksi).


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1


Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel